Cara Kredit Mobil Bekas Di Showroom

Cara Kredit Mobil Bekas Di Showroom

Anda bisa mengambil kesempatan terbaik dari cara kredit mobil bekas di showroom. Selain solusi mobil bekas yang akan meringankan biaya pembelian, caranya pun sangat mudah dilakukan.

Kenapa Membeli Mobil Bekas di Showroom

Ada banyak tawaran mobil bekas yang bisa dipilih setiap calon pembeli. Baik secara perorangan atau pihak tertentu yang memang khusus menyediakan unit mobil bekas dalam berbagai kondisi. Tapi membeli mobil bekas di sebuah showroom sudah terjamin dari beberapa aspek. Utamanya adalah aspek kualitas yang telah diseleksi oleh pihak pengelola.

Dengan demikian, sebagai calon pembeli tinggal mengerucutkan pilihannya berdasarkan kebutuhan dan kemampuan. Anda dapat menemukan showroom yang khusus menawarkan mobil bekas ini dan semua syarat yang diberlakukan pun tidak begitu sulit. Harga yang saling bersaing akan memberikan keuntungan tersendiri bagi anda.

Lalu, bagaimanakah cara mengajukan kredit mobil bekas di showroom?

Pilihan Showroom

Memastikan dulu bahwa pihak yang menawarkan mobil bekas ini dapat anda dipercaya. Sebenarnya dengan bantuan rujukan atau rekomendasi sudah cukup jadi pegangan untuk memilihnya. Yang jelas adalah memilih showroom yang kredibel dan transparan dalam memaparkan semua informasi rincian pengajuan kredit dan transaksinya.

Pembayaran Uang Muka

Sebagaimana kredit untuk mendapatkan mobil baru, ada kewajiban melunasi DP alias uang muka. Anda tentu sudah mempersiapkan berapa anggaran yang nanti dikeluarkan untuk melunasi DP ini. Berhubung yang akan anda beli adalah mobil bekas nilainya tentu jauh lebih ringan dibandingkan biaya DP untuk kredit mobil baru.

Tapi lagi-lagi janganlah cepat tergiur pada tawaran DP yang sangat ringan. Kita tahu bahwa ini adalah transaksi untuk membeli kendaraan bekas yang masih sangat layak pakai. Dan dalam mengeceknya pun harus setimpal dengan biaya yang dibebankan nanti.

Perkirakan apakah dengan biaya DP yang ditetapkan nanti akan sebanding dengan nilai angsuran yang jadi kewajiban tiap bulan. Di samping itu harus memahami jika ada resiko perawatan rutin yang tentu saja butuh biaya ekstra.

Hindari juga menyiapkan dana untuk uang muka dalam kondisi mendesak. Lebih baik anda sudah menyiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Sehingga pada saat proses pengajuan kredit anda tinggal menyempurnakan kelengkapan administratif yang diwajibkan.

Persiapan Syarat Administratif

Meskipun mobil bekas, tentu ada syarat administratif yang dibebankan. Semua syarat ini tidak ada yang sulit meski terkadang sebagian calon pembeli malah lupa atau kurang teliti. Setiap dokumen yang diwajibkan ini sama dengan apa yang menjadi kewajiban persyaratan administratif kendaraan baru.

Patuhilah semua poin penting dari syarat administratif supaya anda tidak kerepotan menjalankan prosedur pengajuan kredit hingga kendaraan bisa sampai ke alamat anda. Pihak dari showroom akan selalu memberikan panduan untuk memudahkan dan melancarkan prosedur administratif itu.

Test Drive

Hal ini yang sangat vital dalam pembelian mobil bekas. Yang sekaligus juga membedakannya dari pembelian mobil baru. Namanya juga kendaraan bekas pakai sehingga kita pun harus siap dengan segala kondisi dari mesin dan spesifikasi lainnya. Tapi sejauh mana kondisi itu masih sangat layak, itulah yang mesti dicari tahu.

Misal anda masih belum begitu menguasai hal-hal teknis, sangat disarankan mengajak teman terpercaya untuk mengecek kendaraan tersebut. Memang segala bentuk keputusan ada di tangan anda sendiri. Namun alangkah baiknya melakukan pengecekan secara cermat karena toh ini demi kepuasan dan kenyamanan anda sendiri sebagai calon pembeli mobil itu.