Merawat Mobil Matic

Perawatan Mobil

Kurang telatennya merawat mobil matic akan berimbas pada kerusakan permanen. Walaupun dibeli dalam kondisi baru, jika cara merawat dan menggunakannya tak beres tentu akan menimbulkan masalah.

Kendaraan jenis matic makin digemari di Indonesia seiring pertambahan kepadatan di jalur-jalur lalu lintas. Cara operasional yang sangat sederhana dan mudah tidak akan sulit dikuasai. Apalagi jika dikendalikan di jalur-jalur padat yang sesekali mesti berhenti akibat lampu merah atau faktor kemacetan lalu lintas lainnya.

Cara Sederhana Perawatan Mobil Matic

Perawatan terbaik justru dimulai dari kebiasaan yang sederhana. Maksudnya, dilihat dari cara anda menggunakan kendaraan itu selalu berpengaruh pada kualitas kondisi kendaraan, apakah nanti awet atau justru cepat rusak.

Service Rutin

Perawatan rutin tak boleh dikesampingkan. Meskipun tidak ada masalah dengan kendaraan, jika sudah memasuki jadwal servis rutin harus tetap anda masukkan ke bengkel. Sudah ada aturan standar dari produsen mobil untuk perawatan berkala. Hal ini juga yang akan menjamin kenyamanan anda selama menggunakan mobil matic ini setiap hari.

Ganti Oli Transmisi

Jika sudah mencapai minimal jarak sejauh 50.000 km, oli transmisi wajib diganti. Ini adalah prosedur mendasar untuk perawatan penggantian oli mesin. Biasanya pula jika sudah rutin melakukan service, pihak bengkel yang akan memberitahukan sudah saatnya ganti oli. Untuk tipe oli dapat disesuaikan standar atau mungkin ada rekomendasi yang bagi anda cocok.

Ganti Oli Mesin

Selain oli transmisi, jangan lupakan penggantian oli mesin. Pengecekan oli mesin pun bisa anda lakukan sendiri atau ketika sedang diservis rutin. Kualitas mesin dijamin akan sangat awet jika rajin melakukan pengecekan dan penggantian oli mesin secara rutin.

Pengecekan Valve

Biasanya mobil matic agak rewel di bagian gasket transmisi. Masalahnya timbul karena kebocoran atau kerusakan gasket. Valve dapat mengalami kerusakan atau kebocoran akibat sentakan gas dan perpindahan tuas yang mendadak. Bila merasakan hal yang tidak biasa selama menyetir, anda harus segera membawanya ke bengkel untuk pengecekan valve.

Perawatan di Musim Hujan

Masalah akan mengancam saat musim hujan datang apalagi jika sering melintasi kawasan yang tergenang air atau banjir. Risiko gearbox kemasukan air saat hujan atau banjir selalu dapat terjadi. Oleh sebab itu, apabila kelar menggunakan selama musim hujan atau setelah melintasi kawasan genangan air, segera cek gearbox. Ada kalanya butuh solusi dengan mengganti oli transmisi meskipun belum waktunya.

Memanaskan Mobil

Ini adalah prinsip sederhana yang selalu diwajibkan bagi semua pemilik kendaraan bermotor. Bahkan kalau anda tak menggunakannya, kewajiban ini tak boleh diabaikan. Setidaknya memanaskan selama beberapa menit atau sesuai anjuran. Tujuannya adalah menjaga keawetan kondisi mesin kendaraan.

Biasanya ada yang tak begitu ambil pusing dengan kebiasaan memanaskan mesin ini. Beranggapan bahwa tergantung jarak tempuhnya, maka tak perlu dipanaskan dulu. Namun mau jarak jauh, jarak menengah, atau jarak dekat, selalu panaskan mesin terlebih dahulu. Anda harus menghindari resiko sekecil-kecilnya supaya tidak berdampak buruk pada usia mesin kendaraan anda.

Perawatan mobil matic tak hanya untuk urusan mesin dan semua komponen di dalamnya. Anda mesti membersihkan bagian interior secara rutin. Selalu menjaga kebersihan karena apapun yang merupakan gangguan di dalam kendaraan akan menimbulkan rasa tak nyaman dan bisa jadi berpotensi pada keamanan selama berkendara. Nah, demikianlah tips perawatan mobil matic yang bisa anda terapkan.