Syarat Kredit Mobil Baru

Syarat Kredit Mobil Baru

Semua syarat kredit mobil baru yang dipenuhi akan menjamin cepatnya pengurusan prosedur. Taatilah semua aturan persyaratan supaya anda dapat segera mengendarai mobil idaman selama ini.

Lonjakan Angka Pembelian Mobil Baru di Indonesia

Sekitar tiga tahun lalu, tercatat oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAKINDO) bahwa angka pembelian kredit mencapai 85 persen. Menyiratkan fakta tentang kebutuhan kendaraan roda empat yang kian relevan bagi masyarakat Indonesia baik untuk kepentingan pribadi atau bisnis.

Fasilitas kredit mobil baru juga sangat meringankan. Prosedur yang sangat gampang dilakukan serta dibukanya kesempatan dari pihak leasing atau dealer dengan down payment paling rendah. Namun tetap saja anda harus memahami syarat apa sajakah yang mesti dipenuhi demi mendapatkan kemudahan kredit mobil baru.

Tipe Mobil

Tipe dan model mobil berhubungan erat dengan tujuan anda membelinya. Bila anda hendak menggunakan kendaraan roda empat untuk keluarga, idealnya adalah sebuah tipe dengan model yang berkapasitas besar. Mobil untuk kebutuhan keluarga adalah jenis yang paling laris manis di pasaran otomotif Indonesia.

Lain halnya kalau anda membutuhkan kendaraan roda empat untuk tujuan yang lebih simpel. Misal untuk operasional harian yang mana hanya anda yang menggunakannya. Tipe kendaraan roda empat minimalis dengan spesifikasi mutakhir juga termasuk yang sering diminati.

Kesesuaian tipe yang anda minati ini merupakan hal mendasar supaya nanti tak salah memilih mobil baru. Anda bisa mengecek daftar katalog lengkap dari dealer yang nanti akan jadi bahan pertimbangan memilih. Perhatikan juga rincian spesifikasi dan kemampuan penggunaan bahan bakar yang cocok dengan kebutuhan anda.

Anggaran

Membeli mobil baru menjamin semua komponen di dalamnya yang masih bagus. Berbeda dengan kendaraan bekas pakai yang mesti di cek dulu apakah ada gangguan di dalamnya. Konsekuensi membeli mobil baru adalah harga yang selisihnya lebih besar dibanding kendaraan bekas. Oleh sebab itu, sebelum membeli kendaraan baru, pastikan dulu soal anggaran yang sesuai.

Tidak mungkin bukan membeli kendaraan yang pada dasarnya anda idamkan tapi kenyataannya sangat berat ketika menjalani sistem angsuran. Jangan juga anda cepat tergiur pada penawaran harga murah melalui sistem down payment-nya. Ada risiko seperti durasi kredit yang terlalu panjang atau nilai kredit per bulan yang sangat besar.

Lagi-lagi anda harus mengkonsultasikan anggaran yang cocok dari unit mobil yang diinginkan. Pertama dengan anggota keluarga, atau dengan teman yang lebih memahami masalah ini. Selanjutnya bisa dibandingkan dengan saran dari pihak dealer yang akan memberikan sederet opsi alternatif terkait unit kendaraan dan anggaran yang cocok bagi kantong anda.

DP dan Nilai Angsuran

Down Payment diberlakukan sebesar 30 persen dari harga jual satu unit kendaraan baru. Tapi ada juga yang ditawarkan dengan harga DP sangat rendah. Jika menjumpai penawaran itu anda mesti mengecek dulu berapa nilai angsuran yang dibebankan setiap bulan. Apakah nilai itu justru membebani anda atau tetap meringankan?

Rekening Sehat

Memiliki riwayat perbankan yang sehat di mana anda tak punya masalah kredit sebelumnya. Pihak leasing akan mengecek secara teliti apakah calon pembeli sebelumnya punya masalah keuangan di bank. Karena mereka juga tak mau mengambil resiko jika ternyata pembeli punya potensi mengalami kredit macet.

Kelengkapan Dokumen Administrasi

Cek semua kelengkapan dokumen yang diwajibkan untuk pengajuan kredit mobil baru. Standarnya meliputi KTP, KK, slip gaji, rekening, dan lain sebagainya. Tanyakan jika masih ada yang belum jelas kepada pihak dealer demi kelancaran prosedur pengajuan kredit mobil anda.